Monday, June 27, 2011

Fakta Sepatu

@faktaseru: 29% wanita lebih banyak menghabiskan waktu untuk belanja sepatu dibanding mencari jodoh mereka #faktaseru

*big grin* *wink*
Dan saya termasuk dalam wanita yang 29 persen itu :D hehhee..
Saya lebih suka hunting-hunting sepatu keren, daripada hunting cowo-cowo ganteng (karena mereka g ada di etalase toko, hahha..)

Sebenarnya saya belum bisa dibilang kolektor sepatu juga sih, karena sepatu-sepatu yang saya miliki masih bisa dihitung dengan jari. Tapi kadang suka g tahan ngeliat barang keren dan jodoh di kaki. Kaya yang semalem saya lihat. Dalam hati berjanji, suatu saat akan membeli sepatu itu, hohoho..

Dibanding membeli baju, saya lebih suka membeli sepatu. Kenapa? Karena sepatu bisa dipakai setiap hari, terus lebih long lasting kalo kita menyimpannya dengan baik. Karena ukuran saya g akan bertambah lagi :D
Saya suka semua model sepatu, dari heels, wedges, flat maupun sport shoes.. Asal mereka semua g menyakiti kaki, membuat lecet, dan pegal ketika di pakai. Jarang sekali bisa menemukan sepatu yang seperti itu. Dan sepatu-sepatu di rumah pun beberapa menyakiti kaki, hiks..
Untuk soal harga, asal harganya masih rasional dan matching dengan barangnya, saya tidak terlalu bermasalah. Dan untuk bisa mendapatkan barang yang saya inginkan, saya tidak akan ragu menabung :D

***

Beberapa tips untuk memilih sepatu dari saya:
1. Jika ingin berbelanja sepatu, carilah waktu yang luang. Karena kita membutuhkan waktu untuk mencoba sepatu-sepatu yang ada di toko. Jika kita berbelanja terburu-buru, kita bisa menyesal nanti karena tidak maksimal dalam menentukan pilihan.

2. Jangan ragu mencoba, karena karakteristik kaki kita berbeda-beda. Belum tentu yang terlihat bagus di etalase itu bagus juga di kaki. Dan sebaliknya, belum tentu yang terlihat biasa saja, ternyata ketika di pakai malah sangat bagus sekali di kaki kita.

3. Jangan ragu meminta pendapat orang lain saat membeli sepatu, misalnya teman kita, atau pramuniaga di toko. Mereka bisa memberikan pendapat yang objekitf apakah sepatu yang kita pakai bagus atau tidak. Dan jika berbelanja dengan ibu, saudara atau teman, jika kalian kekurangan uang bisa pinjam mereka juga, hehhe..

4. Pilihlah sepatu yang modelnya kita suka, nyaman di kaki, terutama untuk berjalan. Model bagus belum tentu nyaman, lho.. seperti menggunakan heels, rasanya "beautiful is painful" hehehe.. Saya lebih suka sepatu yang bersol tebal seperti wedges untuk digunakan sehari-hari dan memilih yang memiliki bantalan empuk.. Tapi, itu semua tergantung selera kalian masing-masing.

5. Jika memilih warna, sesuaikan dengan kebanyakan warna pakaian yang kalian miliki. Atau kalian bisa memilih warna netral untuk digunakan dengan banyak pakaian, seperti hitam, cokelat, dan putih. Merah juga warna yang bagus untuk di padu-padankan.

6. Pilih sepatu yang mudah digunakan (tidak ribet) untuk di bongkar pasang. Karena kita kadang harus sholat, dll.. yang membuat kita harus melepas sepatu. Jika sepatu kita termasuk yang 'ribet' tentunya akan menyusahkan mobilitas kita.

7. Sesuaikan dengan tujuan kita membeli sepatu, apakah untuk dipakai bekerja, bermain, ke mall, olah raga, ke pasar, menghadiri resepsi pernikahan, dll. Karena untuk bekerja kita pasti akan membutuhkan sepatu yang lebih resmi daripada untuk yang dipakai bermain.

8. Sesuaikan dengan budget ketika ingin belanja. Jangan lapar mata dan membeli lebih dari anggaran yang kita punya. Itu bisa membahayakan kantong. Untuk mencegahnya, kita bisa hunting-hunting sepatu dulu, memastikan harganya, lalu di lain waktu kita bisa membelinya.

9. Simpan sepatu yang kita punya dengan baik agar lebih tahan lama :)

Demikian sedikit tips membeli sepatu dari saya, based on my experience :D
Semoga bermanfaat <3

***

Well, fyi.. ukuran sepatu saya 38 :D
Jika ada yang berminat membelikan saya sepatu, hahha..
Untuk ulang tahun saya 2 bulan lagi juga tak masalah :p
Colek @NiSsaYJ dan @Qaanita Luthfi :D

2 comments: