Tuesday, June 7, 2011

Backpacking ke Ujung Genteng

Yeayy.. setelah bekerja, rasanya memiliki liburan yang agak panjang menjadi suatu momment yg sangat langka. Dan sangat amat sayang rasanya kalau cuma menghabiskan waktu di rumah..
Dan berawal dari rencana dadakan segelintir orang, akhirnya jadilah wacana backpacking ke Ujung Genteng menjadi kenyataan :) :)

Awalnya sih, kami (saya, Mia, Rizki) berencana ke Gunung Dieng. Tapi karena keadaan disana sedang tidak memungkinkan, akhirnya dibuatlah beberapa plan cadangan, ke Bali Barat, ke Ujung Kulon, maupun ke Ujung Genteng. Tapi karena satu dan lain hal, akhirnya dipilihkan Ujung Genteng sebagai lokasi backpacking kita kali ini..

Pantai di Ujung Genteng

Well, awalnya sempet pesimis juga bakalan berangkat. Karena, kita cuma bertiga, nekad sih bisa sebenernya. Cuma jadi agak krik-krik aja kalo jalan-jalan
bertiga. Dibukalah OR di FB, dan bertambahlah satu orang, yaitu Asiah, temen SMP gw. Selain itu ada pula Sisil, anak Bio 08, dan si Bhe yang ujug-ujug dapet libur :)
dan voilaaaa.. kita berenaaaammm :D

Rombongan backpacker

Petualangan kita dimulai dari Depok, naik kereta menuju Bogor. Dari Bogor dilanjutkan ke Terminal Bus Baranagsiang dan mencari bus MGI jurusan Bogor-Surade. Dari Surade kami lanjutkan lagi naik angkot ke Ujung Genteng. Sampai lah kita di penginapan sederhana itu.

Jangan dikira perjalanan kita ini singkat lho, kawans.. pantat sampe tepos gitu karena kelamaan duduk di bus. Rasanya koq g nyampe-nyampe yaa, hahha..

Ada apa aja ya di Ujung Genteng???
Fyi, Ujung Genteng itu punya pantai yg bagus dengan pasir putih dan ombak yang sangat besar. Sangat cocok untuk para surfers. Tapi tidak cocok untuk yg mau snorkeling ataupun diving. Selain itu, kalian bisa dapatkan makanan laut dengan harga yang murah di pelelangan ikan. Dannn, disana ada tempat konservasi penyu dan tukik. Jadi setiap sore hari, kalian bisa ikut melepaskan tukik (anak penyu) yang baru lahir ke laut. Dan malamnya kalian bisa melihat ibu penyu bertelur.. plung.. plung.. plunggg.. :p

Asiah dan tukik

Nah, pulangnya, kalian bisa mampir ke Curug Cikaso. Ada alternatif kalo mau menuju Curug Cikaso, jalan kaki maupun naik kapal kecil. Tapi kalo budget kalian minim, lebih baik jalan kaki, karena cuma 10 menit dari tempat parkir mobil.
Di Curug Cikaso, kalian bisa mandi di air terjun dan berenang-renang karena airnya yg tidak terlalu dingin. Suasana di Curug Cikaso pun relatif sepi dibandingkan dengan air terjun lain yang pernah saya datangi. Jadi sangat puas sekali untuk berenang-renang..

Curug Cikaso

Nah, berikut saya rincikan biaya dan lama perjalanannya. Fyi, untuk perjalanan kemarin saya hanya menghabiskan uang sebesar 250K :) murah meriah kaaaann?? tapii, itu untuk backpacker seperti saya, yang membawa bekal makanan sendiri, dan memilih penginapan yg murah meriah..
St. Pondok Cina-St. Bogor 2K (30')
St. Bogor-Terminal BaranangSiang 2K (30')
St. BaranagSiang-Surade (MGI) 35K (8 H), fyi cuma ada 1 dalam sehari, dan berangkat pukul 8.30
Surade-Ujung Genteng (Carter Angkot) 100K (1H) dibagi berlima jadi 20K perorang
Sewa penginapan 125K permalam (2 malam jadi 250K)
Sewa motor 20K (untuk jalan2 ke Penangkaran Penyu). Satu motor bisa untuk berdua, jadi masing2 10K
Ikan bawal 15K perkilo plus cumi 7 ons 25K
Nasi bakul 10K bisa untuk 2 kali makan (perorang 2K)
Sewa angkot untuk pulang (Ujung Genteng-Surade-Cikaso-Surade) 150K
Masuk Curug Cikaso 5K

Berikut saran-saran yang bisa saya berikan:
Rencanakanlah perjalanan kalian dengan matang. Kapan waktu berangkat dan kapan waktu pulang. Kemarin, kami berangkat hari kamis dan pulang sabtu malam. Jadi sampai rumah minggu pagi dan sempat menginap di dalam bus.
Lalu, persiapkan perbekalan kalian dengan baik dan praktis. Walaupun temanya adalah IRIT mode: ON, kalian tetap harus makan makanan yg bergizi. Karena perut kenyang, hati akan senang dan liburan kalian akan menyenangkan :)
Selain itu, persiapkan uang yang cukup. Jangan terlalu boros dan jangan terlalu pelit. Perhitungkan semuanya dengan baik serta disiplin terhadap pengeluaran.

Well, kira-kira begitulah cerita perjalanan saya kemarin.. semoga dapat menginspirasi dan menambah keinginan kalian untuk berpetualangan..

Salam :)

No comments:

Post a Comment