Friday, November 4, 2011

Mengaku

Ya, akuilah kekuranganmu.. Karena kita hanyalah manusia biasa.
Tuhan, rasanya selama ini saya terlalu berusaha untuk melindungi sendiri dengan berbagai hal untuk menutupi kerapuhan diri.

Ya, saya rapuh. Saya akui sekarang, yang sebelumnya saya tak pernah mau akui. Saya selalu merasa bisa melakukan semuanya sendiri, saya menganggap diri saya mandiri, dan berusaha tidak terlalu tergantung dengan yang lain. Belakangan ini saya amat sangat tertutup, dibalik sikap saya yang terlihat terbuka. Saya menganggap saya menyukai kesendirian, tapi kadang saya kesepian.

Tapi tubuh saya tidak bisa berbohong. Level tekanan yang saya rasakan rasanya berbeda. Walaupun saya merasa sehat, tapi sepertinya ada bagian dalam otak dan hati yang melakukan berbagai pertentangan antara logika, akal sehat, perasaan, dan keinginan. Dan itu bisa berbahaya. Kadang saya bingung apa yang saya mau dalam hidup, harus bagaimana menghadapi orang, dan apa yang akan dilakukan dimasa depan.

Akuilah kekuranganmu, karena itu bagian dari penerimaan diri. Sumber dari keikhlasan hati. Dan itu tidak mudah, karena saya takut diserang dari semua titik lemah itu. Tapi, tanpa mengetahui kelemahan sendiri, kita hanya akan menjadi palsu.

Mungkin dengan mengetahui bahwa kita lemah, maka kita jadi butuh tempat bersandar, untuk meredam arogansi sebagai manusia.
Dan jawabannya, hanya tuhan. Ya, hanya Allah. Tempat kita kembali dan menyadari bahwa kita hanya makhluk yang lemah.

1 comment:

  1. dengan mengakui kekurangan akan menjadi kekuatan untuk kita kelak... ^.^

    ReplyDelete