Tuesday, October 25, 2011

At the Dolphin Bay

As I promised to you before, I want to share my adventure to Kiluan Bay. Well, I called it Dolphin Bay, because so many dolphin there :D

Kami satu rombongan berisi 6 orang, yaitu saya, Mia, Rati, Sisil, Bhe, dan Rizki.
Perjalanan kami dimulai pada pukul 20.00 dengan meeting point di Detos (Depok). Rute yang berikutnya kami tuju adalah Terminal Bus Kampung Rambutan untuk terus naik bus lagi menuju Pelabuhan Merak (Banten). Perjalanan darat tergolong lancar, tetapi karena naik bus, jadi agak sering berhenti untuk naik turun penumpang.

Setelah sampai Pelabuhan Merak, kami harus menyebrang menuju Pulau Sumatera, ke Pelabuhan Bakauheni. Perjalanan laut juga menyenangkan. Ombak tenang sekali malam itu. Kami tiba di Bakauheni sekitar pukul 04.00 pagi. Dan tidak lama menunggu, travel yang menjemput kami pun tiba. Dan bergegaslah kami untuk menuju Teluk Kiluan.

Perjalanan darat lumayan lama. Sekitar 6 jam. Oleh karena itu sangat disarankan membawa perbekalan yang cukup selama di perjalanan. Kondisi jalan menuju Teluk Kiluan kurang begitu bagus. Mungkin karena banyak kendaraan berat maupun rusak karena air dan cuaca. Dan kami pun tiba di Teluk Kiluan sekitar jam 11.00 siang.

Cuaca cerah sekali ketika kami berkunjung kesana. Panas, tapi tidak menyengat. Berangin tapi tidak terlalu besar. Sangat menyenangkan.
Teluk Kiluan merupakan tempat yang tenang dan jauh dari keramaian. Setelah sampai Teluk Kiluan, kami menyebrang ke Pulau Kelapa menggunakan Juku. Di Pulau Kelapa-lah penginapan kami.

Pulau Kelapa hanya memiliki 1 rumah, dan rumahnya disewakan untuk pengunjung. Tapi jangan takut, jika kalian kehabisan tempat, disana bisa juga menyewakan tenda untuk pengunjung. Untuk makanan pun, kalian tidak perlu repot. Pengelola pulau juga menyediakan makanan.

Pantai Pulau Kelapa sangatlah bagus. Airnya tenang dengan warna biru yang bergradasi karena perbedaan kedalaman. Arus tidak terlalu besar sehingga sangat nyaman untuk berenang. Dan pantainya berpasir putih yang lembut seperti tepung. Sangat nyaman jika bertelanjang kaki. Ada spot-spot tertentu yang memiliki terumbu karang yang bagus, jika kalian ingin snorkeling. Untuk berkeliling satu pulau juga tidak memakan waktu lama. Dan kalian akan mendapatkan foto-foto bagus di Pulau Kelapa, hehee..

Kegiatan kami di hari pertama, setelah sampai Pulau Kelapa, kami merapikan barang bawaan kami, lalu menyantap makan siang. Setelah itu, lanjut ke pantai dan mengelilingi pulau. Setelah agak sore sedikit, air dan pantai pun memanggil-manggil untuk diselami. Dan byurrr.. berenanglah kita di sekitar pulau untuk melihat keindahan bawah laut.

Bagaimana dengan Lumba-Lumba?
Melihat atraksi lumba-lumba, kami lakukan di pagi hari di hari kedua. Kami menuju lautan menggunakan Juku dengan kapasitas 3 orang. Dan, saya sangat exited karena bisa melihat puluhan lumba-lumba berenang kesana kemari, dekat sekali dengan Juku yang kami pakai. Dan jumlah mereka sangat banyak. Pengalaman yang langka sekali. Selain itu, Ubur-ubur di lautan pun sangat jelas terlihat dengan kemilaunya yang indah.

Tapi sayang sekali, kami harus pulang hari itu. Sepertinya, liburan kali ini terlalu singkat, dan kami harus menghadapi realita lagi keesokan harinya.

Di atas kapal menuju Merak, kami mendapat kehormatan dari kapten untuk bisa melihat para ABK bekerja. Walaupun sudah beberapa kali naik kapal, tapi tetap saja exited melihat kapal besar bersandar di dermaga :D

Dan sampailah di Merak, secara resmi liburanpun berakhir :)

PS:
yg mau tanya-tanya tentang contact person, itinerary, dan expense cost ke Kiluan bisa hubungi saya di email hilwazein@yahoo.com